SMP Islam Terbaik Di Duren Sawit Jakarta Timur

SMP Islam Terbaik Di Duren Sawit Jakarta Timur – Memilih sekolah bagi Putra/Putri kita yang bermukim di Duren Sawit, Jakarta Timur bukanlah hal yang mudah, apalagi menentukan sekolah Islam di Duren Sawit, Jakarta Timur. Ada banyak sekolah swasta Islam di Duren Sawit ini. Belum lagi institusi pengajaran seperti sekolah SMP Islam unggulan. Memilih sekolah Islam dapat melalui dua kriteria, ialah yang baik atau yang terbaik di Duren Sawit? Sekolah Islam yang baik bisa jadi tidak bagus. Sebaliknya, sekolah Islam yang bagus belum tentu baik. Tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Sudah wajib sekolah Islam di Duren Sawit memiliki sudut pandang terpadu, agar sekolah bisa mengintegrasikan nilai dasar Islam dalam tiap-tiap mata pelajaran. Dan memiliki ide global internasional, baik bagi sekolah Islam asrama Islam maupun bagi madrasah bukan asrama.

SMP ISLAM AR RAHMAH JAKARTA ialah salah satu sekolah Islam yang mengusung semangat “menguatkan Generasi Shaleh, ‘Alim, Dan Mandiri”, diharapkan dapat menyiapkan generasi yang berguna bagi Islam dan Bangsa Indonesia yang paham akan Al Quran dan Hadits. SMP ISLAM AR RAHMAH JAKARTA tidak kalah berkompetisi dengan sekolah Islam di Jakarta Timur. Bahkan sekolah Islam terbaik di Jakarta Timur sekalipun. SMP ISLAM AR RAHMAH JAKARTA mungkin juga dapat sekelas dengan sekolah Islam terbaik di Jakarta Timur, sekolah Islam internasional di Jakarta Timur, sekolah Islam terpadu, maupun wujud sekolah Islam gender.

Memang, banyak pandangan yang wajib kita lakukan dalam memilih sekolah Islam di Duren Sawit. Kecuali pertanda lazim seperti diuraikan di atas, sepantasnya kita juga semestinya memperhatikan sepuluh pertimbangan berikut dalam memilih sekolah Islam terbaik di Duren Sawit. Supaya setidaknya kita bisa mempunyai pendapat yang pasti dalam memilih sekolah Islam, khususnya sekolah Islam di Duren Sawit.

Inilah sepuluh standar yang dapat kita jadikan pertanda dalam menentukan sekolah Islam di Duren Sawit. Tanda ini juga berlaku untuk kota-kota lain, secara khusus di Pulau Jawa, sebagaimana diberi tahu oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof Dr H Arief Rachman, MPd:

  • Kepemimpinan  yang terlatih

Sekolah Islam yang bagus ialah sekolah Islam yang gaya kepemimpinannya partisipatif, tegas dan memiliki target. Kecuali itu madrasah yang baik yaitu sekolah Islam yang pemimpinnya mempunyai keterampilan, kecakapan dan keinginan untuk memajukan sekolah.

Begitu patokan menemukan madrasah. Dan temui pimpinan lembaganya. Ketika wajah kepala sekolah nampak kencang atau kelam, jangan masuk ke madrasah itu. Namun bila dia ramah dan bagus dapat jadi alternatif kita madrasah tersebut.

  • Segala warga sekolah Islam memahami dan melakukan visi dan misi sekolah Islam

Sekolah Islam terbaik yakni sekolah Islam yang mempunyai kesatuan filosofi dan arah mengenai visi. Selain itu, sekolah Islam bagus itu konsisten dalam pembuatan dan progres regulasi. Di Sekolah itu juga ada kebersamaan antara guru, murid dan orang tua murid.

  • Suasana pembelajaran di sekolah Islam sepatutnya menyenangkan.

Ciri sekolah Islam yang baik terutama adanya atmosfir suasana yang mensupport. Serta lingkungan kerja yang menyenangkan.

  • Kesibukan saling menunjang

Aktivitas pembelajaran di sekolah betul-betul beragam seperti intra dan ekstrakurikuler berjalan secara setara dan saling menunjang. Sekolah Islam yang bagus itu tak hanya banyak beban pembelajaran agama Islam saja, tapi juga berfokus pada pembelajaran, optimalisasi waktu pelajaran, penekanan pada keahlian akademik dan keagamaan, dan fokus pada raihan prestasi.

  • Guru mempunyai perencanaan pembelajaran dalam upaya membumikan Al Qur’an

Madrasah yang bagus juga dapat dipandang dari mutu guru-gurunya. Dimana pengajar seharusnya terorganisasi dengan baik, terjadwal dengan terang dan mempunyai sasaran yang terang. Selain itu, guru juga sebaiknya mengkomunikasikan pembelajaran pada siswa dan adanya keluwesan yang sesuai dengan situasi siswa-siswi.

  • Program positif.

Seluruh program yang bermanfaat mendapatkan penguatan dari Sekolah Islam, ayah dan bunda dan siswa. Di Sekolah Islam yang bagus patut ada penegakan disiplin yang adil, transparan dan terang. Adanya umpan balik kepada perkembangan yang dicapai.

  • Monitoring kegiatan.

Pihak Madrasah juga menjalankan monitoring dan evaluasi secara terjadwal dan berdampak kepada pembetulan sekolah. Sekolah Islam yang bagus juga patut menjalankan monitoring kemajuan siswa setiap saat. Juga mesti ada evaluasi kemajuan sekolah secara berkelanjutan.

  • Hak dan keharusan siswa dipahami dan dilaksanakan dengan bagus di sekolah

Sekolah Islam yang baik juga patut ada keseimbangan antara hak dan keharusan. Hak dan keharusan siswa dipahami dan dilakukan dengan baik di sekolah. Sehingga percaya diri siswa muncul. Kecuali itu, siswa diberi peran dan tanggung jawab, juga diberikan kesempatan untuk mengatur peran dan tanggung jawab mereka sendiri

  • Kemitraan antara Pondok Pesantren dengan rumah tangga atau orangtua

Pondok Pesantren yang bagus juga wajib melibatkan orang tua. Pelibatan bapak dan ibu dalam program-program siswa di sekolah dan pelibatan orangtua dalam program-program anak di rumah.

  • Munculnya kreasi dalam organisasi Madrasah untuk pengembangan pengajaran.

Semua stakeholders Madrasah (guru, kepala sekolah, siswa, pegawai sekolah dan ayah dan ibu) merasa ikut serta dalam peningkatan diri demi kemajuan bersama.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Sekolah Islam Bagus Di Duren Sawit sebagaimana SMP ISLAM AR RAHMAH JAKARTA, silahkan melayari halaman situs kami dengan klik tautan ini.

www.smpislamarrahmahjakarta.sch.id