Solusi Pendidikan Anak Dari Sekolah Sunnah Di Jakarta Timur

Menanamkan aqidah yang lurus serta akhlak yang sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam kepada anak di zaman ini bukan perkara yang gampang! Mengingat banyak sekali pengaruh yang tersebar di masyarakat, yang sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Pengaruh tersebut didapat dari lingkungan bermain, tontonan yang dilihat, pelajaran yang didapat di lembaga pendidikan umum, dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua kita tentu mengharapkan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam hal aqidah dan akhlak sebagai bekalnya dalam menjalani kehidupan dunia yang semakin keras sebagaimana yang kita ketahui bersama.

Khusus untuk lingkungan bermain dan tontonan, anak masih bisa kita kontrol agar tidak bergaul dengan lingkungan yang kurang baik. Demikian juga dengan tontonan, bisa kita atur jam menonton serta tayangan yang dinikmatinya.

Tapi di sekolah? Yang notabene tempat pendidikan paling diharapkan untuk mendidik anak anak kita selain di rumah! Apakah sistem pengajaran dan lingkungan antar siswa sudah bisa diandalkan untuk membentuk karakter dan akhlak anak kita?

Pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya, melihat kondisi sebagian besar sistem pendidikan umum saat ini lebih banyak berorientasi kepada dunia, bahkan mengesampingkan urusan akhirat dan agama. Belum lagi banyak informasi tentang kebiasaan “Bully” yang sudah menjadi tradisi di tingkat SMP sekalipun, omongan dan bahasa tidak etis yang biasa diucapkan oleh siswa yang terpengaruh lingkungan kurang baik, dan lain sebagainya.

Akhirnya muncul pertanyaan balasan! Apakah sistem pendidikan umum yang ada saat ini sudah bisa menjawab kebutuhan kita akan didikan yang baik? Khususnya bagi kita orang tua muslim, apakah pendidikan umum bisa membentuk aqidah dan akhlak anak menjadi lebih baik dan sesuai dengan tuntunan agama Islam?

Banyak diantara antum pasti menjawab, “BELUM”. Hipotesis ini bukan tanpa alasan, tetapi berdasarkan kenyataan! Demikianlah kondisi pendidikan umum yang pada awalnya sangat diharapkan menjadi wadah pendidikan anak agar menjadi lebih baik, ternyata masih jauh dari harapan.

Dari fakta ini, beberapa pihak sudah mulai mencetuskan solusi untuk menyiasati kondisi pendidikan di negara tercinta Indonesia ini. Beberapa orang tua ada yang lebih memilih untuk menjalankan sistem Home Schooling untuk anaknya, dan sebagian pun lebih memilih untuk menyekolahkan di lembaga pendidikan elit yang bonafit dan terkenal kualitasnya.

Semua upaya tersebut memang wajar untuk diambil oleh orang tua, akan tetapi apakah semua orang tua memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang sama? Mengingat untuk home schooling atau menyekolahkan anak di lembaga pendidikan elit dan unggulan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Penjelasan diatas adalah sepintas gambaran tentang fenomena dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Dan bersumber dari permasalahan pelik tersebut, hadirnya sebuah solusi tentu menjadi titik terang yang diharapkan oleh setiap orang. Oleh karena itulah, Alhamdulillah Yayasan Imam Malik Bandung telah berupaya semaksimal mungkin untuk menawarkan solusi tersebut kepada para orang tua yang mengharapkan anaknya mendapatkan didikan yang didambakan.

Yayasan Abu Fachry menyediakan fasilitas belajar anak tingkat Sekolah Menengah bernama SMP ISLAM AR RAHMAH JAKARTA yang berlokasi di Duren Sawit, tepatnya di Jl. Kecubung 5 Duren Sawit, Jakarta Timur.